Kamis, 14 Maret 2013

Orangtua Sudah Mempersiapkan Dana Pendidikan - KOMPAS.com

Penulis : Anastasia Joice | Senin, 11 Maret 2013 | 20:42 WIB
Shutterstock Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com  - Survei yang dilakukan olehMasterCard padaMasterCard Worldwide Index of Consumer Purchasing Priorities mengenai Edukasi, mengungkapkan bahwa orangtua di Indonesia sadar akan pentingnya perencanaan untuk pendidikan anak-anak mereka. Demikian keterangan dari MasterCard di Jakarta, Senin (11/3/2013). Dalam hal perencanaan masa depan, survei tersebut mengemukakan bahwa 71 persen  dari orangtua yang disurvei di Indonesia secara rutin menabung dan menyisihkan sebagian dari pendapatan mereka untuk pendidikan anak mereka di masa depan.

Para responden yang terdiri dari orangtua dengan anak yang berusia satu  tahun atau lebih tersebut telah mengerti pentingnya perencanaan pendidikan untuk masa depan anak-anak mereka. Dari aspek pengeluaran keuangan, survei tersebut menunjukkan bahwa kurang lebih sepertiga dari penduduk di Indonesia rata-rata menghabiskan sekitar 6-10 persen penghasilan mereka untuk membiayai pendidikan buah hati mereka, sementara 20 persen  lainnya bahkan mengalokasikan sekitar 30 persen dari pendapatanya untuk kepentingan pendidikan anak-anak mereka.

Berdasarkan analisis terhadap responden tersebut juga ditemukan bahwa sebagian besar orangtua di Indonesia (sebesar 53 persen) lebih tertarik untuk mengirimkan anak mereka nanti di universitas-universitas dalam negeri di Indonesia, meskipun masih banyak juga para orangtua (39 persen) yang belum menentukan pilihan apakah akan memilih untuk menyekolahkan anak mereka di dalam atau di luar negeri.

Sementara itu, hanya sekitar 5 persen para orangtua di Indonesia yang telah memutuskan untuk mengirimkan anak-anak mereka menempuh pendidikan di luar negeri. Kelas pengayaan hampir dari setengah orangtua di Indonesia mengirimkan anak-anaknya untuk mengikuti kelas-kelas pengayaan di luar sekolah yang tersedia untuk para anak anaknya. Kelas pengayaan tersebut terdiri dari les-les dari berbagai bidang seperti, bahasa asing, kegiatan olah-raga, seni dan lain-lain. Dari hasil survei terhadap para koresponden, mayoritas dari mereka mengirimkan anak-anaknya untuk memilih kegiatan olah raga seperti (sepakbola, karate, renang dan lain lain) sebagai kegiatan pengayaan yang favorit untuk anak-anak mereka, diikuti oleh les pelajaran dan bahasa asing yang juga menjadi kelas pengayaan favorit bagi para orangtua.

"Hasil Survei MasterCard pada Consumer Purchasing Priorities for H2 2012 menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan dari masyarakat Indonesia, di mana para orangtua telah semakin menyadari pentingnya perencanaan pendidikan bagi anak-anak mereka untuk memastikan mereka memiliki masa depan yang lebih baik di kemudian hari. Hasil survei tersebut juga semakin menggarisbawahi bahwa masyarakat Indonesia tengah berkembang ke arah yang lebih baik, terutama di sektor pendidikan," kata Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia. MasterCard Survey on Consumer Purchasing Priorities dikeluarkan dua kali dalam setahun, bertujuan untuk menunjukkan prioritas belanja konsumen, termasuk pendidikan, perjalanan, makan dan hiburan, manajemen keuangan dan konsumsi barang mewah di 14 pasar di Asia Pasifik. Survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard. 

Editor :
Rusdi Amral
Orangtua Sudah Mempersiapkan Dana Pendidikan - KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar