Jumat, 11 Februari 2011

ADAB TERHADAP ORANG TUA By Rosita S.Priyadi

ADAB TERHADAP ORANG TUA
By Rosita S.Priyadi

“Berbaktilah kepada ibu dan bapakmu karena sesungguhnya pahala yang paling besar adalah berbakti kepada orang tua.”

Jumat, 11 Febuari 2011. denmaspriyadi.blogspot.com: Berbakti kepada orang tua merupakan keharusan dan kewajiban bagi seorang anak, baik selama mereka masih hidup maupun sesudah mereka telah tiada. Berikut adalah adab atau tata cara berbakti kepada orang tua:

1. Mencintai, mengasihi,dan menyayangi mereka dengan sepenuh hati.

         Sebagus dan sejelek apapun orang tua, bagi seorang anak tetap harus mengasihi danmenyayanginya dengan sepenuh hati. Hal ini oleh karena begitu besarnya kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya  semenjak dari dalam kandungan hingga dewasa bahkan sepanjang hayatnya.

2. Mendengarkan segala nasehat-nasehatnya.

         Hormatilah kedua orang tua dengan mendengarkan segala nasehat-nasehatnya dan mematuhi segala perintahnya  yang tidak bertentangan dengan ajaran agama.

3. Membahagiakan dan menyenangkan hatinya.

         Perlakukanlah kedua orang tua dengan sikap yang baik yang dapat membahagiakan hatinya. Jangan sekali-kali membuat hatinya bersedih dan menagis karena sikap kita yang kasar kepadanya. Berikan mereka kebahagiaan sebagaimana mereka membahagiakan kita dari semenjak kita lahir. Menyenangkan dan membahagiakan hati orang tua merupakan kebajikan yang utama dari seorang anak.

4. Mencium tangannya setiap saat.

         Hendaknya seorang anak mencium tangan orang tua setiap saat baik diwaktu pagi, sore dan malam hari sebagai tanda hormat kita kepada orang tua.

5. Tunjukkan wajah dengan senyum dan berseri.

         Tampakkanlah wajah anda dengan wajah yang berseri-seri tidak cembetut meskipun hati kita dalam keadaan gundah, karena muka yang masam dan cembetut akan membuat hatinya sakit dan bersedih. Tentunya orang tua akan senang dan gembira jika melihat anaknya selalu menampakkan muka yang berseri.Sikapilah dan pandanglah mereka dengan cinta kasih yang tulus dan lemah lembut.

          6. Selalu mendakannya sepanjang waktu.

        Doakanlah kedua orang tua setiap saat, setiap waktu agar selalu dalam keadaan sehat dan amal kebaikannya dibalas oleh Allah. Doa umum dan biasa diuacapkan adalah, “Ya, Allah! Ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihilahkeduanya sebagaimana mereka mengasihi dan mendidik aku sejak kecil.”

7. Selalu memohon doa restu kepada kedua orang tua.
   
        Seyogyanya seorang anak selalu memohon doa restu kepada orang tua setiap akan melakukan sesuatu aktifitas. Hal ini karena doa dan restu dari orang tua bisa jadi merupakan kunci sukses keberhasilan dari seorang anak dalam meniti karirnya.

8. Tidak mengungkit-ungkit pemberian.

        Hindarilah untuk mengungkit-ungkit jasa atau pemberian yang sudah diberikan kepada orang tua baik berupa jasa ataupun materi. Jelasnya, jangan menyebut-nyebut kembali segala kebaikan yang sudah diberikan kepada orang tua karena perbuatan seperti itu berarti tidak ada keikhlasan sama sekali dan ini bisa membuat hati orang tua bersedih.

        Bagi seorang anak, apabila adab berbakti kepada orang tua dilakukan dengan baik dan dengan penuh keikhlasan, Insya Allah akan mendapatkan keutamaan dan keberkahan dari Allah, Amien!!! ( Pustaka: Rahasia Diri / Abdurrahman Karim Ath-Thahiriy )


Rosita S.Priyadi di Pangarakan-Bogor    
       

1 komentar:

  1. Bagi seorang anak, apabila adab berbakti kepada orang tua dilakukan dengan baik dan dengan penuh keikhlasan, Insya Allah akan mendapatkan keutamaan dan keberkahan dari Allah, Amien!!!

    BalasHapus